Gerakan dalam Permainan Bola

Permainan sepakbola sebagai salah satunya tipe permainan bola besar, bisa dijadikan alat evaluasi Pengajaran Jasmani Olahraga dan Kesehatan, sebagai usaha pelajari manusia bergerak. Sepakbola sebagai permainan yang sangat disukai di Indonesia, permainan sepakbola dilaksanakan dengan arah untuk menyarangkan bola ke gawang musuh dan menjaga gawang sendiri supaya tidak bungkusukkan bola. Sepakbola sebagai permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari 11 orang pemain. Permainan sepakbola dimainkan dalam dua set (2 x 45 menit) sama waktu istirahat 10 menit antara dua set itu.

https://peta-hd.com/wp-content/uploads/2021/08/Kunci-Jawaban-Tema-1-Kelas-2-Halaman-99-sampai-100.jpg

Hal yang yang terpenting di dalam permainan sepak bola ialah mempunyai keterampilan gerak untuk mainkan bola. Kesuksesan atau kemenangan di dalam permainan sepak bola ialah tiap pemain memiliki kemampuan pribadi yang bagus. Beberapa macam keterampilan dasar pemain sepak bola mencakup keterampilan mengumpan bola, hentikan bola, keterampilan membawa bola, dan keterampilan tembak bola ke gawang musuh. Berikut keterangan berkenaan tehnik ketrampilan di dalam permainan sepak bola.

1. Macam Mengumpan
Passing atau mengumpan ialah memberinya bola ke rekanan segrup yang mempunyai tujuan untuk selalu kuasai bola (ball possession). Passing jadi hal khusus dalam sebuah permainan sepakbola. Sebuah gempuran dibuat dari rangkaian proses passing. Passing bisa dilaksanakan dengan memakai kaki dan kepala. Tetapi pada tulisan ini cuman akan diulas berkenaan langkah passing memakai kaki yakni kaki sisi dalam, sisi luar dan punggung kaki. Berikut penuturannya.

a. Mengumpan memakai kaki sisi dalam
Mengumpan dengan kaki sisi dalam, banyak digunakan untuk memberinya bola jarak pendek di antara pemain satu sama pemain lain. Arah mengumpan bola memakai kaki sisi dalam untuk memperoleh bola yang tepat sesuai target dalam jarak pendek, umumnya sepakan kaki sisi dalam dipakai saat umpan pendek. Agar bisa lakukan pasing memakai kaki sisi dalam bisa dilaksanakan dengan beberapa langkah seperti berikut.

Status awalnya mengumpan bola dengan kaki sisi dalam:
Dengan diawali sikap berdiri menghadap arah pergerakan.
Tempatkan kaki pijak dari sisi bola dengan sikap lutut cukup tertekuk dan pundak menghadap arah pergerakan.
Sikap ke-2 lengan dari sisi tubuh cukup terentang.
Pergelangan kaki yang bakal dipakai menyepak diputar ke luar dan digembok.
Penglihatan terkonsentrasi pada bola.

Baca: Mengumpan Kaki Sisi Luar

Pergerakan mengumpan bola dengan kaki sisi dalam:
Perhatian persiapan rekan pasangan/patner siap atau memang belum untuk terima umpan bola.
Ambil tungkai yang bakal dipakai menyepak ke belakang lalu ayun di depan ke bola.
Perkenaan kaki pada bola pas pada tengahnya bola.

Akhir pergerakan mengumpan bola dengan kaki sisi dalam:
Alihkan berat tubuh ke kaki pijak depan bertepatan kaki yang dipakai menyepak diletakkan dimuka
Penglihatan di depan.

Realisasinya latihan menyepak dengan kaki sisi dalam dengan pilih pasangan yang imbang, selanjutnya berdiri sama-sama bertemu dalam jarak ± 5 m. Lakukan ketrampilan gerak menyepak sampai seringkali. Latihan ini dilaksanakan pada tempat, diteruskan dengan bergerak mundur-maju, dan mengarah ke kanan dan kiri. Sepanjang lakukan latihan dibutuhkan kerja sama dan disiplin

Source: 

peta-hd.com